Senin, 14 Mei 2018

Proposal Pop Es Berasaskan Kekeluargaan


Nama               : Sahrul Amin
NIM                : 170202001
Jurusan            : Ahwal Syakhshiyah
Mata Kuliah    : Enterpreneurship

  1.      Judul Proposal Usaha

”Usaha Pop Es Berasaskan Kekeluargaan”


  2.      Latar Belakang
Pop es merupakan salah satu minuman khas baik bagi anak-anak maupun orang dewasa, singkatnya minuman ini merupakan minuman khas bagi setiap golongan. Di Indonesia sendiri, penjualan pop es sudah merebak ke berbagai provinsi.
Penjualan pop es biasa di temui di sekolah-sekolah dan tempat-tempat lainnya. Oleh karena itu, kami akan membuka sebuah usaha pop es berasaskan kekeluargaan. Oleh karena tempat penjualannya yang masih diluar jangkauan dari warga sekitar sehingga hanya sebagian orang saja yang dapat menikmatinya.
Atas dasar pertimbangan di atas dan juga untuk melebarkan sayap penjualan pop es khususnya di dalam kekeluargaan yang akan mencakup pada warga sekitar yang jarang atau bahkan sama sekali belum pernah menikmati minuman pop es sebelumnya, tempat penjualan kami ini berlokasi di depan rumah karena lokasinya yang strategis.
3.     Tujuan dan Manfaat
Tujuan dan manfaat dari usaha ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan juga untuk mengembangkan kreatifitas masing-masing anggota keluarga supaya menjadi entrepreneurship yang berpengalaman di kemudian hari.
4.      Sasaran
Sasaran dari usaha pop es berasaskan keluarga ini adalah masyarakat sekitar yang jarang sekali menikmati atau bahkan belum pernah sama sekali merasakan pop es sebelumnya.
5.      Waktu dan Tempat
a.      Waktu
Waktu penjualan pop es ini adalah setiap hari dimulai dari pukul 10:00-23:00 WITA. Libur hanya pada saat adanya acara keluarga.

b.      Tempat
Tempatnya berada di depan rumah dikarenakan lokasinya yang strategis di tengah-tengah masyarakat golongan ekonomi menengah kebawah.
6.      Rencana Biaya / Anggaran Yang Dibutuhkan
No
Keperluan
Pengeluaran
1
Blender
Rp. 399.000
2
Pop Es Aneka Rasa
Rp. 109.000
3
Gelas Pop Es Plastik
Rp. 35.000
4
Meja Penjualan
Rp. 700.000
5
Es Batu
Rp. 25.000
6
Cincau
Rp. 10.000
7
Frisian flag
Rp. 18.000
8
Sedotan Tekuk
Rp. 21.000

Jumlah
Rp. 1.317.000
7.      Peralatan Dan Bahan Yang Dibutuhkan
a.      Peralatan
1)      Blender
2)      Meja persegi panjang
3)      Gelas plastik
b.      Bahan
1)      Pop es
2)      Es batu
3)      Frisian flag
4)      Cincau
8.      Kelayakan
Usaha ini layak untuk didistribusikan ke warung-warung terdekat karena harganya yang terjangkau bagi kalangan masyarakat ekonomi menengah ke bawah
9.      Daya Dukung
Daya dukung dari usaha ini adalah dari harganya yang terjangakau bagi masyarakat ekonomi menengah kebawah dan juga karena lokasinya yang strategis.
10.  Penutup
Kesimpulan
Pop es merupakan minuman khas bagi tiap kalangan mulai dari anak-anak, orang dewasa dan lain-lain. Peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini diantaranya : 1) Blender. 2) Meja Persegi Empat. 3) Gelas Plastik. 4) Pop es. 5) Es Batu. 6) Frisian Flag. 7) Cincau.8) Sedotan Tekuk
Usaha ini didukung oleh beberapa faktor diantaranya: harganya yang terjangkau untuk golongan masyarakat ekonomi menengah kebawah dan juga dikarenakan lokasinya yang strategis di tengah-tengah masyarakat perekonomian tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

WALI TANPA NAMA DAN TANPA GELAR

WALI TANPA NAMA DAN TANPA GELAR Suatu hari aku bertemu dengan orang gila ( Al-majnuni Murokab )tak jauh dari makam seorang wali, ia...